Cara Kirim Barang dengan Jasa Pengiriman ke Luar Negeri

103 views 3:47 am 0 Comments Juli 17, 2023
Cara Kirim Barang dengan Jasa Pengiriman ke Luar Negeri

Selain memanfaatkan jasa pengiriman untuk mengirimkan barang kepada teman teman atau keluarga yang berada di luar negeri, kamu juga bisa menjadi pebisnis online dan mengirimkan produkmu untuk konsumen luar Indonesia.

Terlebih saat ini peluang untuk menyalurkan produk dalam negeri ke mancanegara sudah terbuka sangat lebar, mengingat kualitas produk Indonesia juga tidak kalah bagus, terutama kerajinan-kerajinan tangan.

Karena mengirimkan paket ke luar negeri, maka ada aturan atau ketentuan tersendiri yang wajib kamu ikuti. Untuk mengetahui ketentuan dan prosedur pengiriman paket untuk konsumen internasional, silahkan simak ulasan lengkapnya pada artikel di bawah!

Cara Kirim Barang dengan Jasa Pengiriman ke Luar Negeri

Ketentuan dan Cara Kirim Barang ke Luar Negeri dengan Jasa Pengiriman

Sebelum mengirimkan barang ke luar negeri, pengirim harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, terutama dari Ditjen Bea dan Cukai. Untuk ketentuan dan caranya adalah sebagai berikut :

1. Ketentuan Pengiriman

Jika kamu hendak mengirimkan paket ke luar negeri, dengan jasa pengiriman Lion Parcel misalnya, maka ada ketentuan resmi yang harus dipatuhi, yaitu:

  • Dalam satu kali kirim, bobot barang tidak lebih dari 100 kg netto. Apabila lebih dari ketentuan 100 kg netto, maka akan berlaku ketentuan umum dalam bidang impor.
  • Maksimal item untuk produk elektronik seperti komputer, tablet, atau smartphone adalah dua.
  • Untuk produk makanan, minuman, serta obat harus yang telah menerima izin edar dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).
  • Untuk mengirimkan hewan dan tumbuhan harus telah menerima izin pemasukan oleh Badan Karantina

2. Cara Mengirimkan Paketmu ke Luar Negeri

Apabila semua ketentuan di atas telah terpenuhi, maka cara pengiriman paket yang benar adalah:

  • Mempersiapkan Barang atau Paketmu

Pastikan barang atau paket yang akan kamu kirim telah terkemas dengan baik dan benar, dengan memastikan telah mengikuti standar pengiriman internasional agar produk sampai dengan selamat.

  • Memilih Jasa Pengiriman

Setelah pengemasan paket selesai, maka pastikan untuk memilih jasa pengiriman yang bagus, di mana kami menyarankan menggunakan layanan dari Lion Parcel.

Selain memastikan paketmu sampai dengan selamat, pengiriman profesional kami juga tidak membebankan ongkos kirim yang mahal, sehingga biaya ongkir lebih hemat.

  • Mengantarkan Paket ke Ekspedisi

Setelah itu, pengguna bisa langsung mengantarkan paket tersebut menuju kantor Lion Parcel yang terdekat dengan domisili.

Jika tidak bisa mengantarkannya sendiri, kamu bisa memilih layanan pick up, sehingga kurir kamilah yang akan menjemput paketnya ke alamatmu, sehingga lebih hemat ongkos perjalanan dan tidak mengeluarkan banyak tenaga untuk keluar rumah.

  • Mengisi Formulir Pengiriman

Isilah formulir pengiriman dengan benar dan lengkap, terutama pada alamat dan kontak penerima paket di luar negeri tersebut. Hal ini akan membantu kurir di luar negeri selaku pengirim agar lebih mudah menghubungi penerima paket kamu.

  • Membayar Ongkos Kirim

Setelah formulir pengiriman terisi lengkap, pihak jasa pengiriman akan menimbang paketmu untuk mengetahui besaran ongkos kirimnya. Jika sudah mengetahui biaya ongkos kirim tersebut, silahkan segera lakukan pembayaran kepada petugas penerima.

Dengan Lion Parcel, ongkos kirim yang akan kamu bayarkan akan jauh lebih murah daripada menggunakan layanan penyedia lainnya.

Hal ini akan sama-sama menguntungkanmu selaku pengirim ataupun penerima, sehingga orderan dari luar negeri bisa terus berdatangan karena tidak terhalang ongkir.

  • Simpan Resi

Setelah proses pembayaran selesai, kamu akan menerima resi dan bisa menggunakannya untuk melacak perjalanan paket tersebut hingga akhirnya sampai ke tangan konsumen atau penerima.

Melihat mudahnya proses pengiriman paket dengan jasa pengiriman Lion Parcel ke luar negeri tersebut, maka jangan ragu untuk memperluas jaringan bisnismu hingga ke mancanegara.

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *