Hari Peduli Sampah Nasional, Seribu Orang Bersihkan Kali Dekat Istana Presiden di Bogor

36 views 12:09 pm 0 Comments Februari 27, 2023

Sebanyak 1132 orang dari 56 komunitas hadir dalam kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional 2023 yang dihelat World Cleanup Day Indonesia di area Kebun Raya Bogor, Sabtu 25 Februari 2023.

Mereka terlibat dalam aksi cleanup di area Sungai Ciliwung yang berada di dalam kebun raya itu serta berbatasan langsung dengan Istana Kepresidenan Bogor.

Dari kegiatan bersih-bersih itu terkumpul sebanyak 921,04 kilogram sampah jenis campuran yang kemudian diserahkan ke Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor untuk diproses lebih lanjut.

Selain itu, dalam upaya pemilahan dan pengelolaan yang lebih bertanggung jawab, sampah jenis plastik yang terkumpul sebanyak 150,18 kilogram dan telah diserahkan kepada PlusTik.

World Cleanup Day Indonesia 2023 Targetkan Himpun 13 Juta Relawan Bersama PlusTik, sejumlah kalangan yang ikut berkolaborasi bersama World Cleanup Day Indonesia pada hari itu adalah Kebun Raya Bogor, Komunitas Peduli Ciliwung, Satgas Naturalisasi Ciliwung Kota Bogor, WWF Indonesia, Planet Heroes, Paxel, dan Enviplast.

Juga hadir di lokasi adalah Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto.

Hari Peduli Sampah Nasional jatuh setiap tahunnya pada 21 Februari.

Pada tahun ini tema yang diangkat adalah ‘Tuntas Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat’.

20 Wisata di Bogor Popupler yang Cocok untuk Destinasi Liburan “Bersamaan dengan momen Hari Peduli Sampah Nasional 2023, kami menaruh perhatian dalam lingkungan terutama sungai yang memberikan peran penting untuk meningkatkan kualitas hidup,” kata Leader World Cleanup Day Indonesia Andy Bahari di lokasi, seperti dikutip dari keterangan tertulis setelah kegiatan.

Dia menambahkan, kondisi sungai yang terawat dapat mengurangi risiko banjir suatu daerah.

“Terutama pada daerah hilir Jakarta melalui penanganan di daerah hulu atau Bogor,” kata Andy.

Kegiatan river cleanup sengaja memilih Sungai Ciliwung Bogor dengan harapan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terkait kondisi lingkungan saat ini serta membangun kepedulian dan kemandirian dalam menjaga lingkungan sekitar.

“Karena, dengan bersih dan terawatnya Sungai Ciliwung di Kebun Raya Bogor yang berbatasan langsung dengan Istana Kepresidenan ini juga dapat menjadi contoh bagi sungai-sungai di Indonesia lainnya.”

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *