Ingin Buka Bisnis Glamping? Gunakan Modal dari Investasi!

44 views 4:29 am 0 Comments Februari 24, 2024
Ingin Buka Bisnis Glamping Gunakan Modal dari Investasi!

Keuntungan dari investasi Reksadana akan lebih produktif jika digunakan untuk membuka usaha baru. Bisnis glamping dapat menjadi ide yang bagus untuk memutar keuntungan investasi agar menghasilkan lebih banyak uang. 

Dengan keuntungan yang diperoleh dari investasi Anda tidak perlu bingung mencari pinjaman atau investor untuk membuka bisnis. Dengan demikian, bisnis akan sepenuhnya menjadi milik Anda.

Sehingga porsi keuntungan yang didapat akan lebih besar. Jika tertarik mencoba bisnis ini sebaiknya simak tips memulai bisnis glamping berikut. 

7 Tips Memulai Bisnis Glamping 

Istilah ‘glamping’ merupakan singkatan dari kata ‘glamour’ dan ‘camping’ yang artinya berkemah secara mewah. Fasilitas yang ditawarkan jauh lebih lengkap dari camping biasa. 

Mulai dari ranjang tempat tidur, meja, kursi, listrik, WiFi, toilet, dan fasilitas-fasilitas lain layaknya hotel berbintang. Bisnis ini pertama kali populer di Inggris pada 2006 kemudian menyebar dengan cepat berkat media sosial. 

Hingga sekarang glamping memiliki banyak peminat di Indonesia khusus dari kalangan anak muda. Berikut tips-tips memulai bisnis glamping yang patut Anda ikuti. 

  • Riset Pasar

Langkah pertama, Anda harus melakukan riset untuk mengetahui kondisi pasar dan potensi persaingan. Hasil riset pasar juga berguna untuk menyusun langkah bisnis yang tepat pada tahapan selanjutnya. 

Mulai dari perhitungan anggaran bisnis, penentuan target pelanggan, pemilihan lokasi, hingga penerapan strategi promosi.

  • Menentukan Lokasi

Setelah riset pasar berjalan lancar selanjutnya Anda harus menentukan lokasi bisnis ini berdiri. Lokasi glamping umumnya berada di alam terbuka seperti di kaki gunung, hutan pinus, atau pinggiran pantai.

Pastikan lokasi tersebut aman dari berbagai ancaman termasuk dari bencana alam seperti gunung meletus, longsor, banjir, dan lainnya. 

  • Menyusun Konsep Bisnis

Membuat dan menyusun konsep bisnis merupakan proses yang paling rumit karena Anda perlu melakukan banyak pertimbangan. 

Di antaranya menentukan harga dan paket penginapan, menentukan kapasitas pengunjung/tamu, memilih jenis tenda, menentukan fasilitas glamping, strategi promosi, dan hal-hal penting lainnya. 

  • Membuat Ciri Khas

Setiap bisnis harus memiliki ciri khas sebagai daya tarik dan pembeda. Itu sebabnya, hindari meniru konsep dari bisnis lain agar terlihat menarik dan berbeda dari kompetitor. Ciri khas dapat diterapkan pada bentuk tenda, fasilitas yang ditawarkan, dan panorama alam yang disuguhkan. 

  • Mempersiapkan Modal 

Modal menjadi penyokong utama dalam keberhasilan suatu bisnis, tanpa modal yang memadai pasti akan sulit menghadirkan fasilitas mewah yang lengkap untuk pelanggan. Melalui Reksadana, Anda dapat mengumpulkan modal bisnis glamping dengan berinvestasi. 

Anda tidak perlu pusing mencari investor untuk memulai bisnis ini karena keuntungan investasi dapat dimanfaatkan untuk modal bisnis. Tapi ingat jangan sembarang memilih karena tidak semua investasi memberikan keuntungan yang stabil. 

Apa itu Reksadana Pasar Uang? Yaitu salah satu jenis investasi yang mengelola dana investor melalui instrumen pasar uang. Investasi ini tergolong minim risiko karena menawarkan keuntungan yang cenderung stabil. 

  • Mengurus Perizinan

Selain modal, perizinan juga sangat penting untuk legalitas dan kelancaran bisnis. Masing-masing daerah mempunyai kebijakan yang berbeda-beda mengenai perizinan usaha glamping. Untuk itu Anda perlu berkomunikasi secara langsung dengan dinas terkait untuk mengurusnya. 

  • Promosikan

Setelah semuanya selesai langkah terakhir yaitu mempromosikan bisnis tersebut ke khalayak umum. Strategi digital marketing merupakan cara promosi yang paling efektif untuk memperkenalkan bisnis. 

Jangan lupa mendaftarkan bisnis tersebut ke platform pemesanan hotel digital untuk mempermudah pelanggan. 

Promosikan

Pexels

5 Strategi Investasi Reksadana untuk Mengoptimalkan Keuntungan

Mengumpulkan modal bisnis melalui investasi sebenarnya dibutuhkan strategi dan kesabaran. Tanpa dua hal tersebut tujuan Anda mungkin akan sulit tercapai. Berikut beberapa strategi investasi yang dapat dicoba untuk memaksimalkan keuntungan.

  • Market Timing

Strategi ini membutuhkan pertimbangan dan perkiraan yang tepat dalam memilih waktu pembelian dan penjualan. Strategi ini kurang tepat untuk investor pemula yang belum begitu mengerti tentang kondisi pasar. 

  • Lump Sum

Strategi lump sum sangat tepat untuk tipe orang tidak mau pusing melakukan pertimbangan dan analisa. Strategi ini dilakukan dengan menginvestasikan dana dalam jumlah besar secara bersamaan dalam satu waktu.  

  • Dollar Cost Averaging (DCA)

Strategi DCA dilakukan dengan menambah investasi secara rutin dan berkelanjutan. Cara ini diperuntukkan bagi orang yang sangat berhati-hati dalam menjaga nilai investasinya. 

  • Constant Share (CS)

Berbeda dengan DCA, strategi CS tidak mengacu pada jumlah dana yang diinvestasikan tapi lebih fokus pada jumlah unit yang dibeli. Strategi ini dilakukan dengan membeli unit secara rutin dalam jumlah dan jangka waktu tertentu. 

  • Buy Hold

Strategi investasi buy hold tergolong simpel namun diperlukan keakuratan dalam mengambil keputusan, sehingga tidak semua orang bisa melakukan strategi ini. 

Strategi buy hold dilakukan dengan membeli sejumlah unit investasi lalu mendiamkannya dalam jangka waktu yang lama untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Ide dan perencanaan bukanlah hal utama dalam memulai bisnis karena tanpa adanya modal dua hal tersebut tentu tidak akan terealisasi. Perbankan prioritas DBS Treasures akan membantu Anda mewujudkan tujuan finansial dengan berbagai dukungan. 

Produk investasi yang disediakan DBS Treasures dikelola oleh Manajer Investasi profesional yang sudah berpengalaman dalam mengoptimalkan kinerja produk investasi. Anda bisa memperoleh wawasan untuk memandu dalam berinvestasi. Tersedia juga diversifikasi penyebaran dana ke beragam jenis aset.

Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Tidak hanya itu. Dengan mengakses Aplikasi digibank by DBS, Anda dapat membeli dan menjual unit Reksadana dengan mudah dan cepat. Bahkan pendaftaran/registrasi Single Investor Identification (SID) juga dapat dilakukan di aplikasi tersebut. 

Segera kumpulkan modal untuk memulai bisnis glamping dengan investasi bersama DBS Treasures! Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, klik di sini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *