Langkah-Langkah Yang Harus Anda Lakukan Ketika Klaim Allianz Ditolak

118 views 7:37 am 0 Comments Agustus 19, 2023
Langkah-Langkah Yang Harus Anda Lakukan Ketika Klaim Allianz Ditolak

Allianz merupakan sebuah perusahaan dalam bidang finansial yang sudah cukup senior di Indonesia. Yang mana ini merupakan perusahaan terbesar dunia berlokasi utama di Jerman dengan memiliki 70 cabang tidak kecuali Indonesia. Tidak heran jika masyarakat Indonesia percaya akan perlindungan pada perusahaan Allianz. Namun beberapa kabar mengenai kasus penolakan klaim Allianz dari para nasabah membuat para masyarakat enggan untuk membeli produknya. Lalu, seperti apa jika pengajuan klaim ditolak?

Jika Anda memilih sebuah perusahaan dengan kredibilitas yang baik tentu tidak perlu khawatir akan kemungkinan kerugian terjadi. Terkait dengan pengajuan klaim tentu saja harus menjadi pertimbangan ketika Anda akan memproteskan ke perusahaan. Yang mana Allianz merupakan salah satu perusahaan dengan pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan yang sudah memberikan perlindungan masyarakat dan meminimalisir terjadinya masalah di dalam perusahaan. Ini artinya Anda akan lebih mudah ketika menemui kasus seperti penolakan klaim yang diharapkan.

Sebagai perusahaan keuangan yang memberikan perlindungan memang perlu untuk menjaga nama baik. Namun di sisi nasabah tidak ada pertimbangan itu ketika mengalami satu kejadian yang menurutnya merugikan. Ini yang terjadi pada beberapa nasabah Allianz, yang mana ketika mengalami penolakan langsung meng-up ke media dan membuat nama baik perusahaan Allianz menurun. Meskipun memang masih banyak nasabah yang percaya akan pelayanan, produk dan juga perlindungan yang diberikan namun tetap saja menurunkan image.

Tidak perlu gegabah dalam proses pengajuan yang ditolak oleh perusahaan, apalagi ini merupakan perusahaan besar yang sudah dalam pengawasan OJK. Adapun beberapa tahapan yang bisa membantu Anda ketika mengalami penolakan dalam pengajuan klaim antara lain :

Langkah-Langkah Yang Harus Anda Lakukan Ketika Klaim Allianz Ditolak

1. Cek ulang syarat dan ketentuan.
Yang pertama Anda harus mengecek kembali apakah syarat serta ketentuan dalam pengajuan klaim sudah sesuai dari perjanjian polis. Karena hal ini sering terjadi dimana kesalahpahaman mengenai isi polis dari nasabah membuat pengajuan klaim tidak sesuai harapan. Bahkan paling buruk terjadi penolakan yang mengakibatkan kerugian.

2. Dokumen tidak sesuai.
Kedua mengenai beberapa dokumen yang diperlukan oleh perusahaan, yang mana Ini juga tidak kalah sering terjadi ketika perusahaan menerima pengajuan klaim. Sebuah pengajuan klaim Allianz akan ditolak ketika dokumen kurang lengkap. Seperti misalnya untuk pengajuan asuransi jiwa diperlukan dokumen atau akta kematian sampai dengan beberapa dokumen dari ahli waris.

3. Cek resiko apakah masuk perlindungan.
Selanjutnya Anda harus mengecek dan memastikan kembali apakah resiko yang dialami tersebut masuk dalam perlindungan Allianz. Yang mana perusahaan umumnya memberikan ketentuan ini dalam perjanjian polis. Ada sederet risiko yang ditanggung dan ada pula sederet risiko yang dikecualikan tertanggung.

4. Data tidak sesuai.
Selanjutnya pengecekan mengenai data apakah ini sudah sesuai dengan polis atau sebaliknya. Yang mana ini seringkali membuat pengajuan klaim dari nasabah mengalami penolakan.

Pada dasarnya perusahaan asuransi memiliki jutaan bahkan ribuan nasabah yang ingin dilindungi. Namun seringkali ada satu nasabah yang mengalami penolakan hingga akhirnya membuat nama baik berkurang. Seperti yang terjadi pada proses pengajuan klaim Allianz yang mana beberapa kasus merupakan kesalahan dari nasabah yang kurang paham akan isi dan perjanjian di polis. Jadi bisa disimpulkan ketika Anda mengalami penolakan jangan langsung gegabah untuk meng-up ke media ataupun ke perusahaan. Alangkah baiknya cek ulang dan pastikan terlebih dahulu sebelum pengajuan itu dilakukan demi menghindari terjadinya penolakan.

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *