Manfaat Jadwal Pola Tidur Teratur Buat Kesehatan Jantung

33 views 11:30 am 0 Comments Maret 7, 2023

Jakarta -Kesehatan jantung sangat penting untuk menjaga kesehatan kita secara keseluruhan dan pola tidur teratur dapat membantu jaga kesehatan jantung.

Seperti diketahui, kesehatan jantung sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Mengutip dari Harvard Health Publishing, jantung adalah organ vital yang memompa darah ke seluruh tubuh.

5 Manfaat Kefir untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Jantung dan Usus Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan jantung adalah jadwal tidur.

Dr.

Full adalah penulis utama studi baru yang mengaitkan tidur tidak teratur dengan penanda awal penyakit kardiovaskular.

Para peneliti memeriksa data tidur selama seminggu dari 2.000 orang dewasa di atas 45 tahun.

Peneliti menemukan bahwa mereka yang tidur dalam jumlah yang bervariasi setiap malam dan pergi tidur pada waktu yang berbeda lebih mungkin mengalami pengerasan pembuluh darah dibandingkan mereka yang memiliki pola tidur yang lebih teratur.

“Studi tersebut tidak dapat memastikan bahwa pola tidur yang tidak konsisten secara pasti menyebabkan masalah jantung,” kata Dr Full, asisten profesor kedokteran di Harvard Medical School, dikutip dari CNA Lifestyle, baru-baru ini.

Simak Ragam Nutrisi Mineral yang Baik untuk Kesehatan Jantung Secara keseluruhan, memiliki jadwal tidur teratur sangat penting untuk kesehatan.

Sebuah studi tahun 2020 menemukan bahwa orang berusia 45 hingga 84 tahun dengan jadwal tidur yang tidak menentu hampir dua kali lebih mungkin mengembangkan penyakit kardiovaskular dibandingkan mereka yang memiliki pola tidur yang lebih teratur.

Bahkan.

sebuah analisis terhadap lebih dari 90.000 orang mengaitkan gangguan ritme sirkadian dengan risiko gangguan mood yang lebih besar.

Para peneliti bahkan mengaitkan pola tidur yang tidak teratur dengan kolesterol tinggi dan hipertensi.

Selama dekade terakhir, para peneliti telah memperkuat hubungan antara tidur dan kesehatan jantung.

Pada tahun 2022 lali, American Heart Association menambahkan durasi tidur ke daftar periksa untuk mengukur kesehatan jantung.

Jadi, menjaga jadwal tidur yang teratur dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Saat tidur, tubuh memperbaiki jaringan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Jika tidak kurang tidur atau tidak memiliki jadwal tidur yang teratur, maka tubuh akan kesulitan memperbaiki jaringan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Hal ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

HARIS SETYAWANPilihan editor : 7 Manfaat Rutin Berenang untuk Kesehatan Tubuh: Menurunkan Berat Badan Hingga Atasi Insomnia

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *