Memahami Pengertian Serta Fungsi Jangka Sorong

82 views 3:25 am 0 Comments Agustus 5, 2023
Memahami Pengertian Serta Fungsi Jangka Sorong

Mungkin sudah banyak orang yang tidak asing dengan penggaris, jam, serta timbangan berat badan yang merupakan alat ukur, begitu juga dengan jangka sorong yang digunakan untuk mengukur diameter luar atau dalam sebuah benda.

Jika penggaris digunakan untuk mengukur permukaan yang datar maka jangka sorong dapat dimanfaatkan untuk mengukur panjang benda yang bukan hanya berbidang datar.

Semua orang pasti memerlukan alat ukur yang lebih detail untuk mengukur panjang suatu benda. Maka untuk mengatasi masalah itu, kita membutuhkan alat ukur jangka sorong yang mempunyai karakteristik tersendiri dalam penggunaannya serta mengukur suatu benda.

Memahami Pengertian Serta Fungsi Jangka Sorong

Pengertian Alat Ukur Jangka Sorong

Jangka sorong merupakan salah satu alat ukur yang bisa digunakan untuk mengetahui panjang, diameter luar, serta diameter pada sebuah bentuk benda tertentu. Jangka sorong juga dapat Anda gunakan untuk mengukur kedalaman lubang atau bangun ruang tertentu, misalnya tabung.

Perlu Anda ketahui bahwa walaupun bisa mengukur diameter bentuk benda tapi jangka sorong hanya diperuntukan untuk mengukur benda yang ukurannya lebih kecil. Hal ini disebabkan oleh satuannya yang terbatas dan umumnya benda yang tidak dapat diukur dengan penggaris.

Daripada menggunakan penggaris, jangka sorong mempunyai tingkat ketelitian yang lebih tinggi tinggi. Tingkat ketelitian yang dimaksud ialah bentuk nilai skala terkecil yang dapat diukur oleh jangka sorong lebih detail juga akurat. Skala terkecil jangka sorong yakni 0,01 cm atau 0,1 mm, sementara pada penggaris skala terkecil 0,1 cm atau 1 mm.

Inilah yang menjadikan kelebihan jangka sorong daripada penggaris untuk mengukur bentuk benda yang tidak di bidang datar. Ukurannya yang detail juga akurat membuat jangka sorong menjadi salah satu alat ukur yang digunakan para pekerja di bidang teknik, apalagi ukurannya yang lebih kecil dan mudah dibawa.

Awal mulanya jangka sorong ditemukan oleh seorang ilmuwan matematika asal Prancis yang juga merupakan ahli teknik bernama Pierre Vernier kelahiran 19 Agustus 1584. Ia merilis penemuan alat ukur ini di tahun 1631 yang menjadi alat ukur panjang yang akurat, yakni jangka sorong atau nama lainnya Vernier calipers. Skala pada jangka sorong juga diberi nama sesuai dengan penemunya, dengan istilah Vernier.

Fungsi Jangka Sorong

Dalam kegunaannya, jangka sorong mempunyai fungsi yang sangat membantu manusia untuk mengukur panjang suatu bentuk benda. Alat ukur ini dibuat memang untuk menjadi solusi yang sebelumnya belum terpecahkan, seperti dapat mengukur bentuk benda selain permukaan datar layaknya alat ukur panjang menggunakan penggaris.

Sebab pada faktanya kita juga memerlukan alat ukur yang lebih tepat juga akurat. Berikut ini fungsi dari jangka sorong yang perlu Anda ketahui:

Mempunyai fungsi untuk mengukur suatu benda dari sisi luar dengan cara diapit

Mempunyai fungsi mengukur sisi dalam bentuk benda yang umumnya berupa lubang misalnya pada pipa dengan cara mengulurnya

Mempunyai fungsi mengukur kedalaman celah atau lubang sebuah bentuk benda dengan cara menancapkan dan menusukan bagian alat ukur

Mempunyai fungsi mengukur ketebalan suatu bentuk benda

Mempunyai fungsi mengukur diameter dalam bentuk benda menggunakan rahang tetap serta rahang geser atas

Mempunyai mengukur kedalaman sebuah bentuk benda menggunakan tangkai ukur bagian bawah, seperti kedalaman tabung, lubang kecil, atau perbedaan tinggi yang lebih kecil

Bagi Anda yang membutuhkan jangka sorong maka UKUR merupakan situs yang tepat. Ukur merupakan situs jual beli bahan bangunan online di Indonesia yang mempunyai fitur pengukuran dan pemasangan.

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *