Modus Dan Cara Melaporkan Penipuan Online Shop

97 views 12:18 pm 0 Comments Oktober 5, 2023
Modus Dan Cara Melaporkan Penipuan Online Shop

Penipuan online bisa dialami oleh siapa saja, termasuk bagi yang berniat untuk membeli barang tertentu tetapi justru menjadi korban penipuan. Ketika belanja online Anda perlu berhati-hati karena banyak juga online shop yang mempunyai niat tersembunyi yaitu melakukan penipuan. Online shop yang sudah menipu tersebut tentunya menyebabkan kerugian, sehingga perlu untuk ditindaklanjuti dengan melaporkannya agar tidak mengulangi penipuan pada korban lainnya. Cara melaporkan penipuan online tersebut bisa dilakukan dengan banyak cara tergantung dari modus yang dilakukannya untuk melakukan penipuan.

Adapun beberapa modus yang digunakan online shop untuk menipu sehingga bisa membuat Anda lebih berhati-hati untuk memilih online shop adalah :

Modus Dan Cara Melaporkan Penipuan Online Shop

1. Menjual barang yang murah
Modus yang digunakan untuk menipu adalah online shop yang menjual barang yang murah. Konsumen tentunya akan lebih tergoda apabila ditawarkan dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan aslinya. Sehingga hal tersebut membuatnya tidak berpikir ulang lagi dan memilih online shop yang menjual barang dengan harga miring tersebut. Padahal hal ini juga merupakan salah satu modus yang dilakukan online shop untuk menipu. Metode ini merupakan penipuan yang dilakukan oleh online shop yang menjual barang yang diklaim asli padahal adalah barang palsu. Sehingga akan menyebabkan Anda mendapatkan kualitas produk yang buruk tidak seperti produk yang ori.

2. Pencucian uang
Modus penipuan selanjutnya yang bisa menjadi pertimbangan dan ditindaklanjuti dengan cara melaporkan penipuan online yang mudah dilakukan adalah tindakan pencucian uang. Tindakan ini merupakan modus penipuan yang dilakukan oleh pihak ketiga yang berpura-pura menjadi penjual. Konsumen akan membayar barang yang ditawarkan oleh pihak ketiga tersebut dan akan melakukan pembayaran sesuai dengan harga barang. Tetapi barang yang telah dibayar tersebut akan diterima oleh pihak ketiga tersebut yang mengaku bahwa pembayaran dilakukan oleh dirinya. Modus ini membuat penipu online shop bisa mendapatkan keuntungan karena mendapatkan keuntungan dari penjualan produk, penipu mendapatkan produk yang telah dibayarkan, sedangkan korban akan mengalami kerugian karena membayar produk yang tidak diterimanya.

3. Pencurian data
Modus penipuan online selanjutnya ketika belanja adalah pencurian data yang sensitif sehingga bisa disalahgunakan oleh pencuri tersebut. Data tersebut bisa didapatkan dari transaksi belanja yang dilakukan seperti meminta foto selfie dan juga kartu identitas yang dipunyai. Modus ini bahkan bisa untuk mendapatkan kode OTP tidak boleh diberikan pada orang lain. Sehingga hal tersebut disalahgunakan untuk mencuri data identitas yang dipunyai dengan membobol marketplace dan rekening yang dipunyai dan menyebabkan kerugian yang bisa dialami. Untuk menghindari modus penipuan ini pastikan untuk menjaga rahasia berbagai data yang penting termasuk OTP yang tidak boleh diberikan pada siapapun karena akan disalahgunakan yang menyebabkan kerugian.

4. Modus COD
Salah satu metode pembayaran yang bisa dipilih ketika belanja online adalah dengan COD atau cash on delivery yang dipilih oleh banyak orang. Metode ini juga bisa menjadi salah satu modus untuk melakukan penipuan yang menjadi korbannya adalah online shop. Di mana modus ini adalah penjual yang menggunakan sistem COD, akan tetapi konsumen tidak ingin melakukan pembayaran untuk barang yang diterima. Selain itu juga modus paket misterius dengan pembayaran COD yang tidak dipesan oleh Anda atau keluarga, tetapi perlu untuk membayar paket tersebut.

5. Modus biaya tambahan
Hal terakhir yang menjadi modus paling umum adalah adanya biaya tambahan yang perlu dikeluarkan oleh pembeli. Modus ini biasanya banyak terjadi ketika Anda membeli barang yang tidak sah seperti produk BM. Sehingga akan menerima modus penipuan bahwa perlu membayar biaya tambahan agar tidak bermasalah yang jumlahnya cukup besar dan menyebabkan kerugian.

Di atas merupakan beberapa modus penipuan online yang bisa terjadi pada Anda dan orang lain ketika belanja online. Pastikan untuk berhati-hati sehingga bisa menghindari menjadi korban penipuan online tersebut. Tetapi ketika sudah menjadi korbannya maka bisa untuk melaporkannya, di mana cara melaporkan penipuan online tersebut bisa dengan melaporkan rekening penipu ke situs Lapor yang merupakan layanan BRTI. Hubungi juga bank yang digunakan seperti bank BCA untuk melakukan pemblokiran rekening penipu dan meneruskan laporannya ke pihak kepolisian.

Sumber Bacaan : https://www.bca.co.id/id/informasi/awas-modus/2022/04/11/04/19/hati-hati-penipuan-online-ini-cara-melaporkannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *