Mudik Gratis 2023 dari Kemenhub, Simak Kota Tujuan dan Cara Mendaftarnya

52 views 2:06 am 0 Comments Maret 14, 2023

Pada momentum mudik 2023, Kementerian Perhubungan memperkirakan potensi pergerakan masyarakat selama libur Lebaran itu diprediksi mencapai 123,8 juta orang.

Jumlah itu meningkat 14,2 persen jika dibandingkan dengan prediksi pada masa libur Lebaran 2022 sebesar 85,5 juta orang.

Kemenhub juga memprediksi lima pilihan moda terbanyak yang akan digunakan masyarakat pada masa mudik Lebaran tahun ini.

Rinciannya, mobil pribadi 22,07 persen (27,32 juta orang), sepeda motor 20,3 persen (25,13 juta orang), bus 18,39 persen (22,77 juta orang), kereta api antarkota 11,69 persen (14,47 juta orang) dan mobil sewa 7,7 persen (9,53 juta orang).

Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung Tembus Kecepatan 220 Kilometer per Jam Data berdasarkan hasil survei tersebut menunjukkan kendaraan pemudik masih akan didominasi oleh kendaraan pribadi, seperti mobil dan sepeda motor.

Mudik gratis untuk tekan kecelakaan Berdasarkan data itu, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Hendro Sugiatno mengatakan pihaknya akan mengadakan mudik gratis guna mengurangi pergerakan pemudik dengan menggunakan sepeda motor.

“Kami perlu mengadakan mudik gratis mungkin bukan hanya di Kementerian Perhubungan tetapi di kementerian-kementerian lain dan badan-badan usaha serta perusahaan-perusahaan lain akan mengadakan mudik gratis yang sama dengan harapan akan mengurangi pergerakan mudik dengan sepeda motor,” kata dia, Senin, 13 Maret 2023.

Poin Penting Aturan Perjalanan Terbaru Kemenhub, Salah Satunya tentang Masker Karena itu, Hendro mengimbau masyarakat untuk lebih memilih memanfaatkan fasilitas mudik gratis untuk mengurangi risiko kecelakaan.

Berdasarkan data kecelakaan lalu lintas saat mudik, kejadian kecelakaan sering terjadi karena faktor kelelahan dan kebanyakan melibatkan sepeda motor.

“Jadi, jangan menggunakan sepeda motor untuk pergerakan mudik karena risiko kecelakaan lebih tinggi karena faktor ketahanan fisik capek baik itu jarak maupun kondisi alam yang bisa menyebabkan kelelahan,” kata Hendro.

Kuota mudik gratis Kemenhub Kemenhub menyiapkan kuota sebanyak 24.072 penumpang untuk mudik gratis dengan menggunakan bus untuk masa angkutan Lebaran 2023.

Rinciannya, 18.528 penumpang untuk arus mudik dan 5.544 penumpang untuk arus balik.

Untuk melayani ribuan penumpang itu, Kemenhub menyiapkan total 585 bus dengan rincian 459 bus untuk arus mudik dan 126 bus untuk arus balik.

Selain itu, disiapkan 30 truk untuk mengangkut 900 sepeda motor.

Rinciannya, 15 truk mengangkut 450 sepeda motor untuk arus mudik dan 15 truk mengangkut 450 sepeda motor pada arus balik.

Kemenhub menyediakan layanan mudik gratis dengan empat kelompok kota tujuan.

Rinciannya: – Pulau Sumatera dengan tujuan Palembang dan Lampung – Jawa Barat dengan tujuan Garut, Tasikmalaya, dan Cirebon – Jawa Tengah dan DIY dengan tujuan Solo, Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Klaten, Wonogiri, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Wonosari, dan Yogyakarta – Jawa Timur dengan tujuan Madiun, Surabaya, Tuban, Malang, dan Tulungagung – Kota asal arus balik, Cirebon-Jakarta, Madiun-Jakarta, Surabaya-Jakarta, Semarang-Jakarta, Solo-Jakarta, Purwokerto-Jakarta, Wonogiri-Jakarta dan Yogyakarta-Jakarta – Pengangkutan sepeda motor untuk lima kota asal tujuan arus mudik dan balik, yakni Solo-Jakarta (PP), Semarang-Jakarta (PP), Purwokerto-Jakarta (PP), Wonogiri-Jakarta (PP) dan Yogyakarta-Jakarta (PP).

Cara daftar mudik gratis Masyarakat bisa mulai mendaftar untuk program mudik gratis Kemenhub pada 13 Maret 2023 pukul 14.00 WB sampai dengan 14 April 2023.

Pendaftaran dilakukan secara daring.

Caranya, peserta mudik mengunduh aplikasi “MitraDarat” pada AppStore maupun PlayStore dan mendaftar/log-in di aplikasi tersebut.

Lalu, peserta mengisi data diri, tujuan mudik dan/atau balik, pilih tanggal keberangkatan dan lain-lain.

Setelah itu, peserta akan mendapatkan E-ticket/kode booking hasil pendaftaran.

Kemudian peserta harus datang ke lokasi validasi untuk mendapatkan tiket.

Adapun lokasi validasi mudik gratis ada di Jakarta (GOR Bulungan, Blok M, Jakarta Selatan), Depok (Terminal Margonda), Tangerang (Kantor Dishub Kota Tangerang), Tangerang Selatan (Terminal Pondok Cabe), dan Bekasi (Terminal Kayuringin).

Pilihan Editor: KAI Jual Tiket Mudik 26 Februari, Simak 8 Tips Berburu Tiket Kereta Lebaran

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *