Produk Perawatan Kulit Ternyata Bisa Mengandung Bahan Kimia Berbahaya, Apa Saja?

43 views 2:22 pm 0 Comments Maret 3, 2023

Setiap hari, kita menggunakan produk-produk perawatan kulit seperti sabun, lotion, deodoran, juga produk perawatan rambut, dan kosmetik di berbagai bagian tubuh kita.

Namun, bagaimana jika produk tersebut ternyata berbahaya bagi kesehatan tubuh? Kadar merkuri dalam krim pencerah kulit dan anti penuaan dapat berbahaya bagi tubuh, mengaitkan bahan kimia dalam pewarna rambut dan pelurus rambut juga membuatnya mudah rusak.

Manfaat Akupunktur Wajah Alternatif Pengganti Botox atau Filler Bahan kimia tidak aman dalam makanan dan minuman olahan, perabot rumah tangga, dan bahkan obat resep seperti halnya dalam produk perawatan pribadi.

Meskipun dalam jumlah yang sedikit, tetapi bahan kimia rapuh dosis rendah dapat bertambah dari waktu ke waktu dalam paparan berbagai produk.

Berikut adalah beberapa bahan kimia umum yang sering dipakai oleh konsumen dilansir dari cnalifestyle pekan ini: 1.

Hydroxyanisole butilat (BHA) Soal Silikon, Sebelum Bedah Plastik Kecantikan Ketahui Dulu Plus Minusnya BHA umumnya digunakan sebagai pengawet dalam produk perawatan pribadi yang mengandung minyak atau lemak, seperti lipstik, eyeliners, dan pelembab.

Badan Internasional untuk penelitian kanker World Health Organization, juga melakukan penelitian bahwa BHA berpengaruh terhadap kanker perut, kerusakan sel ginjal, dan perkembangan sistem reproduksi pada pria dan wanita.

2.

Dietanolamin (DEA) DEA adalah bagian dari kelompok bahan kimia yang sering digunakan sebagai pengemulsi dalam produk yang berbentuk krim atau berbusa, seperti sampo dan krim cukur.

Kerabatnya termasuk monoethanolamine (MEA) dan triethanolamine (TEA).

3.

Formaldehid Formaldehida adalah bahan kimia berbau tajam yang digunakan untuk memperpanjang masa simpan beberapa kosmetik, pelurus rambut, dan cat kuku.

Paparan asap formaldehida tingkat rendah diketahui mengiritasi mata, hidung dan tenggorokan, sementara paparan yang lebih tinggi, terutama dalam jangka waktu yang lebih lama, telah dikaitkan dengan kanker hidung dan tenggorokan serta penyakit lain pada pekerja tertentu, seperti penata rambut dan manikur.

4.

Parfum Ada lebih dari 3.600 bahan kimia yang digunakan dalam campuran wewangian di seluruh dunia.

Kandungan lain dalam wewangian dapat memicu alergi kulit, eksim, iritasi hidung, dan asma.

5.

Isobutan, Propana dan Propelant Lainnya Isobutane adalah komponen gas alam dan minyak mentah yang biasa digunakan sebagai propelan dalam semprotan aerosol seperti banyak sampo kering, tabir surya, dan deodoran.

Kadar benzena yang tinggi di dalamnya dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, muntah, dan detak jantung yang cepat.

6.

Parabens Senyawa yang memiliki nama paraben seperti methylparaben dan propylparaben, adalah kelompok pengawet lain yang digunakan dalam produk berbasis air.

Konsentrasi paraben yang rendah ditemukan dalam sampo dan kondisioner, pencuci muka, pasta gigi, dan kosmetik lainnya.

Paparan paraben telah dikaitkan dengan peningkatan insiden kanker payudara pada wanita, serta gangguan sistem reproduksi pada laki-laki.

MALINIPilihan editor : Jangan Lewatkan Langkah Perawatan Kulit Ini Jika Tak Ingin Kulit Cepat Keriput

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *