Yogyakarta Trending Kejahatan Jalanan, Dinas Pariwisata Soroti Penurunan Kunjungan Wisata

61 views 12:31 pm 0 Comments Maret 27, 2023

Kata kunci Jogja trending seharian di media sosial, Senin, 27 Maret 2023.

Video kejahatan jalanan berupa penganiayaan brutal sejumlah pria terhadap seorang pengendara sepeda motor yang sudah tergeletak di jalan di kawasan Bumijo, Jetis, tak jauh dari Malioboro yang terjadi pada Jumat, 24 Maret 2023, menjadi sorotan.

Para pengguna internet pun merespons beragam atas kasus penganiayaan itu termasuk ada pula yang berencana membatalkan liburannya ke Yogyakarta lebaran ini.

“Sejumlah pelaku wisata sampai menghubungi saya menyayangkan kejadian itu, semoga tidak terlalu berpengaruh signifikan pada kunjungan wisata ke depan,” kata Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Rahardjo Senin 27 Maret 2023.

Wisatawan Malioboro Diminta Foto dan Laporkan Pengamen yang Intimidatif Singgih menuturkan, salah satu ‘jualan’ wisata Yogyakarta adalah rasa aman dan nyaman.

Sehingga citra Yogyakarta yang ngangenin atau bikin rindu bisa tercipta.

Dari rasa kangen itu, wisatawan akan merasa terus ingin kembali berkunjung ke Yogyakarta ketika liburan tiba.

“Rasa aman dan nyaman ini paling penting bagi wisatawan.

Ini dibangun dari waktu ke waktu, dengan kasus ini lama-lama bisa tergerus juga kepercayaan wisatawan datang ke Yogya,” katanya.

“Dari kasus ini kami belum menghitung seberapa besar potensi penurunan kunjungan wisata, tapi suasana dan citra di media sosial itu sudah terasa menurun,” kata Singgih menambahkan.

Singgih mengatakan, para pelaku wisata yang menghubunginya mengharapkan ada upaya preventif.

Pencegahan itu, kata dia, tidak berarti menyerahkan sepenuhnya kepada aparat keamanan tapi semua lapisan masyarakat bekerja sama menjadikan Yogya lebih aman dan nyaman dikunjungi.

Menikmati Panorama 4 Gunung dari Lereng Merbabu di Wana Mukti Si Guede Instrumen yang dimiliki Yogyakarta selain aparat salah satunya komunitas Jaga Warga yang dibentuk ditingkat kampung-kampung.

Komunitas ini sudah ada di lima kabupaten/kota.

“Jaga Warga ini bisa digerakkan, apabila ada gerombolan mencurigakan dan mengarah kejahatan jalanan, bisa ditindak atau langsung dilaporkan aparat terdekat,” kata dia.

Pilihan Editor: Kejahatan Jalanan Terutama Perang Sarung Meningkat di Yogyakarta, Ini Penyebabnya

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *